Jakarta, CNBC Indonesia – Kemacetan saat Mudik Lebaran memang tak terhindarkan, baik saat berangkat maupun balik. Alhasil, waktu tempuh kerap menjadi molor karena terjebak macet.

Konsumsi bensin pun bisa jadi boros. Namun, ada tips sederhana yang bisa dilakukan agar bensin tetap hemat, terutama bagi pengemudi mobil matic.

Tipsnya adalah posisi tuas transisi mobil matic disetel ke ‘N’, bukan ‘D’. Hal ini diungkap Technical Team Aftersales Support Dept. Auto2000 Gesang Pranoto.

“Dari informasi yg pernah saya dapatkan ketika transmisi matic macet dan lampu merah sebaiknya tidak di posisi D karena di D transmisi ini berusaha menggerakan kendaraan,” kata dia dalam live Instagram Auto2000 beberapa saat lalu, dikutip dari detikoto, Rabu (10/4/2024).

Gesang mengatakan kondisi terjebak macet sama halnya dengan menunggul lampu merah. Untuk itu, posisi gigi sebaiknya juga berada di N bukan di D, agar transmisi tak dibebani kerja saat mobil berhenti.

“Nah di lampu merah kan kita menginjak rem, kendaraan ditahan rem nah beban transmisi ditahan komponen rem, maka dari itu sebaiknya itu posisi di N atau P agar posisinya bebas tidak terbebani,” Gesang menjelaskan.

Bila jalur yang dilalui mengalami kemacetan panjang, mematikan mesin bisa menjadi opsinya. Hal ini juga bisa menghemat penggunaan bahan bakar.

Terlepas dari itu, sebelum melakukan perjalanan panjang seperti Mudik Lebaran, sebaiknya Anda mengisi penuh tangki. Ini untuk mencegah kehabisan bensin di tengah jalan.

“Mungkin ketika dalam kondisi terjebak tadi atau mungkin mau efisiensi bahan bakar mungkin langkah pertama bisa mematikan AC, kedua mematikan mesin,” kata Gesang.

“Kalau kondisi macet masih panjang dan bahan bakar sudah tidak cukup mungkin kita bisa melakukan layanan darurat,” ia menambahkan.

Jika ternyata kehabisan bensin di tengah jalan, akun NTMC Korlantas Polri menginformasikan pemudik bisa menghubungi call center Pertamina 135 untuk meminta bantuan.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Video: 30 Juta Orang Bakal Mudik Pakai Kereta Api, Armada Aman?


(fab/fab)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *